Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Menambah Stamina Tubuh

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Menambah Stamina Tubuh

Manfaat Daun Kelor – Selamat datang dan berjumpa kembali dengan saya, kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai pentingnya kesehatan dalam kehidupan. Yang akan kami  ulas kali ini ialah tentang manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuhMari langsung saja kita simak bersama-sama ulasan di bawah ini :

Table of Contents

Pembahasan Tentang Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh Dan Stamina Bagi Tubuh

Ternyata tidak semua orang mengetahui khasiat dan manfaat daun kelor, banyak orang yang belum paham tentang manfaat daun kelor ini sebagai kesehatan bahkan sebagian orang pantang kalau mengkonsumsi daun yang satu ini. Perlu kamu ketahui bahwa daun kelor memiliki kandungan dan nutrisi yang sangat penting untuk mejaga tubuh kita agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit, selain itu daun kelor juga bisa digunakan untuk obat herbal.

Daun kelor bisa dijadikan teh, dan dari teh daun kelor itu mengandung pholypenol yang sangat tinggi, yang mana fungsinya sebagai antioksidan yang memiliki manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak gampang terserang berbagai penyakit.

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang khasiat dan manfaat daun kelor bagi kesehatan, yang tidak kalah penting disampaikan adalah tentang tanaman kelor dan kandungannya, agar pembahasan yang kami sampaikan menjadi lebih kaya informasi yang harapannya agar tidak menjadi bagian dari refrensi kesehatan.

Daun-kelor-obat-sejuta-manfaat

Daun Kelor Dan Kandungannya

Tanaman kelor ini memiliki nama lain yaitu Moringa Oleifera yaitu tumbuhan yang berasal dari suku Moringacae yang mempunyai tinggi batang sekitar 8 sampai 12 meter, yang memiliki bunga kuning keputih-putihan yang mengeluarkan bau yang aromanya semerbak wangi, dan memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang yang biasa disebut kelentang yang bisa dimasak dengan sayur.

Sudah dilakukan penelitian pada tanaman daun kelor ini, baik berupa kulit batangnya, daunnya, serat biji dan buahnya. Pada tahun 1981 penduduk Somalia Sudan, dan Etiopia menjadikan daun kelor sebagai sayuran yang dipercaya menjaga kesehatan bahkan pada saat itu tanaman daun kelor ini diperjual belikan agar mendapatkan keuntungan.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan agar bayi dan anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan agar mengkonsumsi daun kelor ini sebab daun kelor sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh bagi anak dan juga mencegah gizi buruk.

Dari hasil penelitian yang lainnya menunjukkan bahwa daun kelor mengandung semua unsur asam amino (essensial) yang penting, kecuali vitamin C. Seluruh kandungan gizi yang ada pada daun kelor yang segar akan mengalami peningkatan (konsentrasinya) Jika cara mengkonsumsinya dengan cara dikeringkan dan dihaluskan dalam bentuk tepung (serbuk) dalam satuan bentuk yang sama.

Khasiat Kandungan Daun Kelor

Kandungan asam amino dalam 100 gr daun kelor segar yang dikemukakan dari penemuan C. Gopalan, et al dalam setiap gr nitrogen yang sudah dilakukan di National Institute Of Nutrion in Hyberabad, India. Sedangkan informasi mengenai kandungan gizi daun kelor yang dikeringkan merupakan hasil penelitian Lowell J. Fuglie yang didukung oleh Cgurch World Service and The Departementtof Engieering the Universirty Of Leicester and perfomed By Campden & Chorleywood Food Research Associstion In Gloucestershire, Inggris.

Kesimpulan dari hasil penelitan keseluruhan menunjukkan bahwa manfaat daun kelor lebih besar jika cara mengolahnya diolah menjadi bubuk daun kelor jika dibandingkan dengan mengkonsumsi daun kelor secara langsung sebagai sayuran. Walaupun begitu manfaat dan khasiat daun kelor bagi kesehatan tetap baik jika kita mengkonsumsinya secara rutin.

Kandungan Daun Kelor Dan Manfaat Khasiatnya Bagi Kesehatan

Telah ditemukan nutrisi daun kelor yang sangat penting bagi kesehatan yang dan menakjubkan pada daun kelor ini, antara lain :

  • Kandungan kalsium pada daun kelor lima kali lipat lebih banyak dibandingkan susu.
  • Daun kelor mengandung potasium empat kali lipat dari pisang.
  • Terdapat vitamin C delapan kali lipat daripada jeruk
  • Kandungan vitamin A pada daun kelor empat kali lipat lebih banyak daripada wortel dan dua kali lipat protein daripada susu.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

1. Manfaat Daun Kelor Sebagai Anti Kanker

Studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan pada jurnal penelitian “Food and Chemical Toxycologu”. edisi juni menerangkan bahwa daun kelor memiliki manfaat untuk mendukung kematian sel dini dan mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker.

Peneliti yang sangat terkenal itu menjelaskan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan yang alami.

2. Manfaat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Jantung

Studi ilmiah yang dilakukan uji coba pada hewan laboratorium yang diterbitkan pada edisi februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menjelaskan bahwa daun kelor bisa mencegah penyakit jantung dan bermanfaat sebagi antioksidan. Pada penelitian itu menjelaskan bahwa pemberian dosis 201 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 31 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid terokdisasi dan jantung yang dilindungi dari kerusakan struktural. Oleh karena itu semua pakar ahli berkesimpulan bahwa manfaat yang terdapat pada daun kelor sangatlah signifikan bagi kesehatan jantung.

3. Khasiat Daun Kelor Sebagai Anti Diabetes

Kadar nutrisi yang terdapat pada daun kelor yaitu mineral yang sangat bermanfaat bagi produksi insulin. Pada studi ilmiah telah dilakukan uji coba pada hewan laboratorium yang telah diterbitkan dalam edisi juni 2012 dari “Journal of Diabetes”, setiap pemberian  ekstrak daun kelor sebesar 150 miligram sangat bermanfaat sebagai anti diabetes yang sangat signifikan.

4. Manfaat Daun Kelor Untuk Mengatasi Alergi

Daun kelor sangat ampuh untuk mengatasi alergi, caranya ambil tiga gagang daun kelor dan direbus, tambahkan pulasari secukupnya, satu siung bawang merah dengan air sebanyak tiga gelas, rebus sampai air mendidih dan tersisa dua gelas. Saring dan minum setiap hari secara rutin.

5. Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kurap, Herpes, dan Luka Bernanah

Penyakit tersebut dapat kamu obati dengan daun kelor, yaitu dengan cara tumbuk delapan gagang daun kelor sampai benar-benar halus dan tempelkan pada bagian kulit yang terkena luka atau yang bermasalah tersebut.

6. Manfaat Daun Kelor Untuk Mengobati Sakit Mata

Jika kamu menderita sakit mata, obati segera dengan daun kelor. Caranya yaitu, tiga gagang daun kelor di tumbuk halus lalu tambahkan 100 ml air, lalu diperas sampai mendapatkan sari daun kelor. Gunakan sari daun kelor untuk mencuci mata atau cukup diteteskan.

7. Manfaat Daun Kelor Untuk Mengatasi Pegal Linu, Rematik, dan Nyeri

Peyakit pegal linu, rematik, dan nyeri bisa kamu atasi dengan menggunakan daun kelor, caranya 3 gagang daun kelor ditumbuk halus dan ditambah dengan dua sendok makan kapur sirih, gunakan ramuan daun kelor tereebut sebagai param.

8. Khasiat Daun Kelor Dapat Mengatasi Penyakit Kuning

Kenapa bisa disebut penyakit kuning? karena penyakit ini ditandai dengan adanya warna kunig di dalam organ tubuh biasanya pada kuku, mata, dan anggota tubuh lainnya. Penyakit ini terjadi karena pembekakan hati yang disebabkan oleh faktor virus. Untuk mengatasi penyakit kuning tersebut kamu bisa menggunakan ramuan daun kelor sebagai obatnya. Caranya tumbuk sampai halus 8 gagang daun kelor tambahkan dengan 1 gelas air kelapa hijau kemudian peras dan saring. Sebelum di konsumsi sebaiknya tambahkan madu 1 sendok makan. Minumlah ramuan ini setiap hari secara rutin satu hari sekali sampai penyakit kuning itu sembuh.

9. Khasiat Daun Kelor Membantu Menyembuhkan Iritasi Mata Dan Rabun Senja

Tumbuk sampai halus 4 gagang daun kelor lalu seduh dengan 1 gelas air mendidih, diamkan beberapa saat sambil diaduk setelah itu saring. Tunggu air peradan daun kelor sampai dingin, tambahkan dengan 2 sendok madu. Sebaiknya minum ramuan ini menjelang tidur malam agar mendapatkan hasil yang sempurna.

10. Manfaat Daun Kelor Untuk Mengobati Cacingan

Penyakit cacingan biasanya sering dialami oleh anak-anak. Kalau anak anda mengalami cacimgan, anda bisa mengatasinya dengan memakai daun kelor. Caranya 4 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 2 batang meniran. Ketiga bahan itu di rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai tersisa 1 gelas. Selesai di rebus lalu saring dan minumlah ramuan tersebut setiap hari sampai penyakit cacingan anak anda sembuh.

11. Manfaat Daun Kelor Untuk Menurunkan Berat Badan (Obesitas)

Mempunyai tubuh gemuk pasti membuat yang menderita tidak tampil percaya diri. Jika masalah ini masalah kamu, cobalah dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin. Dengan meminum teh daun kelor secara rutin dan teratur sangat membantu untuk mengatasi masalah pencnnenrnaan, sehingga bisa merangsang metabolisme untuk membakar kalori sangat cepat. Karena teh daun kelor mudah diserap kedalam usus sehingga mampu menurunkan berat badan dengan sangat cepat. Pastinya setelah berat badan stabil karena rajin minum teh dari daun kelor kamu pasti akan tampil lebih percaya diri lagi.

12.  Manfaat Dan Khasiat Daun kelor Sebagai Penyedia Energi

Kalau kita rutin mengkonsumsi teh daun kelor setiap pagi hari, ini sangat bermanfaat untuk menguatkan tubuh agar tetap pro aktif sepanjang hari. Dalam tubuh akan secara otomatis merasa lebih semangat dan lebih berenergi lagi daripada sebelumnya.

13. Daun Kelor Berkhasiat Sebagai Penyedia Nutrisi

Teh yang terbuat dari daun kelor sangat berperan penting untuk memelihara mata dan otak. Gizi otak membantunya untuk mengambil sebuah keputusan yang sangat tepat bahkan dalam situasi sulit sekalipun.

14, Khasiat Daun Kelor Untuk Meningkatkan Fungsi Ekskresi

Yang tidak kalah penting lainnya ialah teh daun kelor dapat membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi hati dan ginjal. Tubuh akan segar bugar dan sehat jika fungsi pembuangan limbah bekerja secara baik dan normal.

15. Manfaat Daun Kelor Untuk Rambut

Nutrisi yang terkandung pada teh daun kelor berkhasiat menguatkan dan melebatkan rambut. Rambut menjadi lebih indah, tebal, kuat, terhindar dari ketombe dan lebih mengkilap.

16. Manfaat Daun Kelor Untuk Memutihkan Kulit, Menghilangkan Flek Wajah, dan Mengjilangkan Komedo dan jerawat

Bukan hanya untuk penyakit saja, daun kelor bisa kita manfaatkan untuk mengatasi jerawat, komedo, dan flek hitam. Caranya tumbuk segenggam daun kelor muda sampai halus, lalu dipakai sebagai bedak atau bisa juga di campur dengan bedak sebagai masker. Diamkan selama 25 menit lalu cuci kembali. Masalah pada wajah pasti akan teratasi dengan cepat.

Read: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

17. Manfaat Daun Kelor Menurunkan Panas Demam Pada anak

Pada saat demam menimpa pada anak, Kamu bisa menurunkan demam anak dengan daun kelor. Caranya haluskan 4 gagang daun kelor dengan di tumbuk halus. Setelah benar-benar halus lalu tempelkan pada ubun-ubun kepala anak. Lakukan ini pada waktu pagi hari saja. Untuk hasil yang lebih optimal lagi buatlah 1 gelas sari daun kelor. Caranya 3 gagang daun kelor ditumbuk halus bersama dengan 3 siung bawang merah, lalu tambahkan 1 gelas air setelah itu peras dan saring. Berikan ramuan ini pada anak anda diwaktu pagi dan malam hari.

18. Manfat daun Kelor Untuk Diet

Daun kelor dapat menghasilkan energi yang tahan lama maka secara langsung dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin dan teratur maka bisa membantu program diet secara alami dan sangat aman.

19. Daun Kelor Sebagai Obat Mata

Daun kelor sangat bermanfaat untuk menjaga lensa mata. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mencegah mengatasi penyakit mata degeneratif.

20. Daun Kelor Sebagai Sumber Beta Karoten

Kandungan beta karoten yang terdapat pada daun kelor berfungsi memperkuat daya tahan tubuh. Sehingga jika rajin mengkonsumsi daun kelor ini tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu juga bisa mempercepat proses penyembuhan dikala kita sedang sakit.

21. MInyak Ben Yang Terdapat Pada Daun Kelor Sebagai Sumber Antioksidan

Di dalam biji daun kelor mengandung minyak sekitar 45%. Minyak buah kelor dikenal dengan sebutan minyak Ben. Minyak biji kelor ini sangat kaya akan antioksidan. Kandungan nutrisinya hampir setara dengan minyak zaitun.

22. Daun Kelor Sebagai Sumber Zat Besi

Pada daun kelor muda yang sering dikonsumsi sebagai sayur mengandung zat besi tiga kali lipat lebih banyak dari daun bayam.

23. Daun KElor Sebagai Asam Amino Esensial

Di dalam daun kelor terdapat asam amino esensial, yaitu unsur protein penting yang berfungsi memperbaiki dan memelihara sel-sel tubuh. Di dalam tubuh manusia hanya bisa menghasilkan asam amino sekitar 11 sampai 12 jenis saja. Sedangkan * jenis dari asam amino esensial harus dipenuhi melalui asupan nutrisi pada makanan setiap harinya. Dengan mengkonsumsi daun kelor teratur kita dapat asam amino yang lebih tinggi dan membantu meningkatkan energi dalam tubuh.

24. Daun Kelor Sebagai Sumber Energi alami

Manfaat lain daun kelor yang tidak kalah pentingnya ialah daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan jumlah energi secara tahan lama dan alami.

25. Daun Kelor Dapat Mengatasi Berbagai Penyakit

Daun kelor dapat mencegah penyakit tumor, menyembuhkan bisul, mengatasi nyeri sendi (arthritis), dan bisa menstabilkan tekanan darah.

26. Manfaat Daun Kelor Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Bagi ibu-ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi daun kelor. Karena di dalam daun kelor terdapat kandungan untuk meningkatkan jumlah produksi ASI dan juga menjaga kualitas ASI. Daun kelor sangat baik untuk pertumbuhan dan peprkembangan sel otak bayi.

27. Sebagai Suplemen Makanan Alami

Agar tubuh tetap terjaga staminanya dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi daun kelor dan buahnya. Karena daun kelor bermanfaat sebagai suplemen alami, Hal ini di karenakan daun kelor kaya akan multivitamin dan kalsium. Tubuh akan kuat sepanjang hari dan tidak cepat loyo.

28. Teh Bunga Daun Kelor Sebagai Sumber antioksidan dan Flavonoid

Tidak hanya daun dan buahnya saja, bunga tanaman daun kelor juga bisa kamu olah menjadi teh herbal yang alami yang sangat kaya dengan antioksidan dan flavonoid.

29. Akar Tanaman Kelor Dapat Mengatasi berbagai penyakit

Pada akar tanaman daun kelor juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional untuk memperbaiki sistem peredaran darah yang terhambat, menambah nafsu makan, mencegah peradangan, baik untuk pencernaan, bermanfaat untuk mengatasi kejantanan pria, dan masalah saluran reproduksi manusia.

30. Daun Kelor Mampu Mengatasi Penyakit Dalam

Daun kelor berkhasiat untuk menyembuhkan kanker ovarium, batu ginjal, peradangan, meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan karena membantu mengeluarkan kalsium dan fosfat dari dalam ginjal secara merata dan efisien.

31. Daun Kelor Mengatasi Kolestrol Jahat

Tidak semua kolestrol yang ada didalam tubuh berbahaya bagi kesehatan. Tetapi ada juga kolestrol yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan itu daun kelor berkhasiat untuk menyeimbangkan, mengontrol, dan mengatasi kolestrol jahat yang terdapat dalam tubuh, yang dapat menyebabkan resiko penyakit stroke dan jantung.

32. Daun Kelor Bermanfaat Memperbaiki Sistem Metabolisme Dalam Tubuh

Sistem metabolisme tubuh yang sangat baik sangat berperan penting untuk menjaga dan melindungi tubuh agar tetap sehat. Dengan mengkonsumsi daun kelor bisa bermanfaat untuk menstimulasi struktur sel tubuh dan metabolisme dalam tubuh.

33. Manfaat Daun Kelor Sebagai Anti Bakteri Dan Anti Racun

Manfaat penting lain dari daun kelor adalah berfungsi sebagai antibakteri dan anti racun. Daun kelor dapat digunakan sebagai penawar racun alami. Ini terbukti bahwa biji buah kelor dapat menyerap kotoran pada air, sehingga air menjadi jernih dan sehat. Begitu juga fungsi dari daun dan biji kelor bermanfaat untuk membantu mengeluarkan dan menyerap  racun dalam darah sehingga tubuh terhindar dari racun dan sehat sepanjang hari.

34. Daun Kelor Tidak Memiliki Efek Samping

Kalau kita mengkonsumsi daun kelor dalam jumlah banyak tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan kita, justru sebaliknya tubuh kita akan lebih bugar dan sehat. Karena daun kelor ini tidak terdapat efek samping sama sekali baik di konsumsi anak-anak ataupun orang dewasa.

Di Bawah Ini Manfaat dan Khasiat Daun Kelor Selain Yang Sudah Di Sebutkan Di Atas :

  • Meningkatkan kekebalan tubuh bagi penderita HIV

  • Anti inflamasi

  • Menambah kebugaran tubuh

  • Sumber klorofil yang tinggi

  • Mengatasi tekanan darak tinggi

  • Sebagai tonik penguat jantung

Itulah penjelasan lengkap mengenai manfaat daun kelor, Pastinya sekarang tidak akan ragu lagi kan kalau ingin mengkonsumsi daun kelor? Kesehatan adalah ivestasi utama dalam kehidupan. Mari kita sama-sama mengkonsumsi daun kelor agar tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar ya?? Terima kasih.

Jangan lupa kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Satu pemikiran pada “Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Menambah Stamina Tubuh”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: