Contoh Teks Ulasan l Film, Novel, Drama Lengkap

Contoh Teks Ulasan l Film, Novel, Drama Lengkap

Hallo sahabat, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai contoh teks ulasan. Namun bukan hanya contoh saja yang akan kami kupas tuntas. Disini kami akan mengupas tuntas mulai dari pengertian teks ulasan, struktur teks ulasan dan lainnya. Contoh teks ulasan yang akan kami sajikan disini mulai contoh teks ulasan film, contoh teks ulasan buku, contoh teks ulasan cerpen contoh teks ulasan drama dan lainnya. Untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Teks Ulasan

contoh-teks-ulasan
https://www.vemale.com

Yang dimaksud dengan teks ulasan ialah teks yang berisi tentang ulasan/review/ penilaian kepada suatu karya (novel, film, buku, cerpen, drama). pada saat mengulas sebuah karya, kita harus bersikap kritis supaya berkontribusi untuk kemajuan karya itu ke depannya.

Ciri-ciri Teks Ulasan

Yang membedakan teks ulasan dengan teks cerita sejarah ataupun teks yang lainnya ialah di dalamnya memiliki ciri-ciri:

  • Struktur teks ulasan terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.
  • Teks ulasan memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis kepada suatu karya atau produk.
  • Opini dari teks ulasan berdasarkan fakta yang di interprestasikan.
  • Teks ulasan dikenal dengan istilah lain yakni resensi.

Tujuan Teks Ulasan

Buku-dan-kopi
https://medium.com

Adapun tujuan dari teks ulasan ini, diantaranya ialah:

  • Teks ulasan memberikan pertimbangan untuk para pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli, dan menikmati suatu karya.
  • Mempergampang para pembaca di dalam memahami hubungan suatu karya dengan karya yang lainnya yang serupa.
  • Teks ulasan menunjukkan pandangan atau penilaian penulis resensi kepada suatu karya.
  • Memberikan informasi untuk pembaca mengenai kelebihan dan juga mengenai kekurangan karya yang dibahas atau diresensi.
  • Memberikan pertimbangan untuk pembaca apakah suatu karya itu pantas untuk dinikmati atau tidak.
  • Teks ulasan membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya.
  • Teks ulasan memberikan informasi yang kompresensif mengenai suatu karya.
  • Teks ulasan memberi tahu dan mengajak pembaca untuk merenungkan.
  • Teks ulasan memberikan informasi untuk publik mengenai kelayakan yang dimiliki suatu karya.
  • Teks ulasan membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya.

Struktur Teks Ulasan

  • Orientasi: Yakni pengenalan gambaran umum mengenai sebuah karya yang akan di review atau ulas. Sehingga membuat para pembaca mengetahui tentang apa yang akan diulas.
  • Tafsiran: Yakni gambaran detail tentang sebuah karya yang diulas, misalnya: keunggulan, keunikan, kualitas, bagian karya, dan yang lainnya.
  • Evaluasi: Yakni pandangan dari pengulas untuk hasil karya yang sedang diulas. Dilakukan sesudah melakukan tafsiran, sehingga pengulas dapat memberi bagian yang memiliki nilai dan bagian yang kurang.
  • Rangkuman: Yakni kesimpulan dari ulasan kepada suatu karya. Pengulas biasanya memberikan komentar apakah film atau drama yang baru saja di ulas itu berkualitas baik atau tidak.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Berikut ini kaidah kebahasaan teks ulasan:

Struktur-kata-pengantar
http://keajaibanmenulis.com
  • Teks ulasan drama atau film berisi mengenai penonjolan kepada unsur-unsur karya seni yang akan diulas.
  • Teks ulasan memakai kalimat opini atau persuasif.
  • Teks ulasan memakai konjungsi internal dan konjungsi eksternal.
  • Teks ulasan memakai ungkapan perbandingan baik itu persamaan atau perbedaan.
  • teks ulasan memakai kata kerja material dan kata kerja relasional.

Jenis-jenis Teks Ulasan

Teks ulasan ini berdasarkan isinya dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Teks Ulasan Informatif

Teks ulasan informatif ini berisi mengenai gambar singkat, padat, dan umum suatu karya. Untuk resensi jenis ini tidak menyampaikan isi dari karya secara keseluruhan, akan tetapi hanya memaparkan bagian penting saja dan menekankan pada kelebihan dan kekurangan karya itu.

2. Teks Ulasan Deskriptif

Resensi jenis ini berisi mengenai gambaran detail pada tiap bagian suatu karya. Teks ulasan ini pada umumnya dilakukan pada suatu karya fiksi untuk memperoleh gambaran jelas mengenai manfaat, pentingnya sebuah informasi, dan juga kekuatan argumentatif yang dituangkan penulis pada sebuah karya.

Teks Ulasan Kritis

Resensi jenis ini berisi mengenai ulasan karya secara terperinci dengan mengacu kepada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Untuk Teks ulasan ini ditulis secara objektif dan kritis bukan berdasar pandangan subyektif dan penulis resesensi. Contoh: Resensi kepada novel dengan memakai pendekatan sosiologi.

Sesudah kita sama-sama menyimak mengenai pengertian, jenis, kaidah kebahasaan, tujuan, ciri-ciri teks ulasan dan yang lainnya, kini saatnya menyimak contoh teks ulasan yang sudah disajikan. Mari langsung saja simak contohnya berikut ini:

Contoh Teks Ulasan Novel Singkat Beserta Strukturnya

Identitas Novel:

  • Judul Novel : Surat Untukmu Sahabat
  • Penulis : Bunga Rizka Nizam
  • Penerbit : Aletta Pictures
  • Jenis buku : Fiksi
  • Tahun Terbit : 2013 (Cetakan ke-5)
  • Tempat Terbit : Jakarta
  • Ukuran Novel : 13 cm x 19 cm
  • Tebal Halaman : 120 halaman
  • Harga Buku : Rp 40.000,00

Orientasi

Novel yang berjudul Surat Untukmu Sahabat ini adalah karya dari Bunga R. Nizam yang bercerita tentang surat terakhir untuk sahabat. Dia bernama Keke. Pada saat itu, terakhir kalinya Andini, Fachda, Dinda, Ida, dan Maya sedang merayakan ulang tahun keke. Pada saat dia dinyatakan sudah bebas dari kanker yang menggerogoti tubuhnya.

Berselang waktu, semuanya terasa menjadi hal yang baru. Sesudah tiga tahun bersama di SMP Al-kamal, alhasil pada tahun ini mereka ber-enam tidak lagi duduk untuk berada disekolah yang sama. Berpisah sekolah bukan berarti kami disini kehilangan arah di dalam persahabatan yang sudah kami bangun sejak kami duduk di bangku SMP dulu.

Tafsiran

Pada saat itu, Keke tak dapat lagi menahan kesedihannya pada saat dirinya sedang menyaksikan rambutnya memenuhi genggaman tangan. Hal ini menunjukkan jika kami juga sangat merasakannya. Pada saat itu, kami sangat kehilangan seseorang sahabat akhir tahun lalu pada tanggal 25 Desember 2006, rasanya sangat berat untuk dibayangkan.

Pada hari ini kami ber-lima akan berkumpul dan akan bertemu di pemakaman Keke pukul 16.00 Sore. Kebetulan Syfa kebagian untuk membawa kue ultah, Ida yang menyiapkan lilin, sementara untuk yang lainnya menyiapkan kebutuhan untuk berziarah seperti payung, air, dan bunga.

Di samping kami ber-lima, ziarah juga dilakukan oleh Kak Kiki, Kak, Cika, dan Pak Jody. Hari ini, Ida yang paling awal sampai pemakaman dan sempat melihat ibu kandung Keke yang berziarah dan menangis di pusarannya.

Ibunda Keke bercerita tentang suatu hari, pada saat keke masih dirawat di rumah sakit. Kalau menurut Kak Cika, sesudah kami semua pergi pamit untuk melakukan ibadah sholat magrib, Keke sahabat kami sempat membuka mata dan dia menyampaikan pesannya walau tak dapat diucapkan di dalam bahasa lisan yang jelas.

Isi

Pada saat itu keke memainkan jarinya sedang membentuk angka satu dan angka empat. Saat itu Pak Jodi sempat memberikan secarik kertas dan pena yang pada akhirnya menjadi pesan terakhir yang Keke sampaikan.

Tak lama sesudah itu, Keke berpulang ke hadapan Ilahi. Kami semua tak ada yang disisinya pada saat keke pergi untuk selamanya sebab kami sedang berdoa bersama sedang meminta yang terbaik untuk Keke. Pada akhirnya kami ber-enam berkumpul bersama. Saat itu hari natal dipilih sebab waktu inilah diliburkan dari segala aktifitas. Apalagi untuk Dinda yang telah siap bergabung untuk membaca surat dari Keke yang baru saja dia baca sepeninggalnya.

Dengan semua rasa yang bercampur menjadi satu di dalam dada, kami terdiam membisu dan berusaha membuka telinga kami lebar-lebar. Sesudah membaca surat dari Keke, kami semua pada akhirnya “merenovasi” seluruh harapan dan juga mencoba untuk menyisipkan permohonan di dalam semua hal yang telah kami capai.

Evaluasi

Kekurangan:

Ada beberapa penulisan yang salah, juga ada penulisan yang kurang menarik dan juga sangat susah untuk dimengerti. Sedangkan, untuk kelemahan yang dimiliki di dalam novel ini diantaranya ialah kata-kata pengemis yang terkadang membuat pembaca berimajinasi yang lainnya di dalam menafsirkan kata kiasan “pengemis”.

Kelebihan:

Novel yang berjudul Surat Untukmu Sahabat ini dapat membuat para pembaca “terhanyut” di dalam cerita yang sedang diceritakan. Apalagi untuk tema yang diangkat yakni mengenai persahabatan sangatlah indah dan bagus untuk bahan sebuah pembelajaran kehidupan. Kosakata yang dipakai juga dapat membuat para pembaca larut di dalam cerita dan pada akhirnya para pembaca lebih gampang memahami isi dari novel yang berjudul Surat Untukmu Sahabat Itu.

Rangkuman

Akan tetapi dengan mengesampingkan dari kekurangan novel itu, kisah yang diangkat tersebut mengajarkan mengenai arti persahabatan yang sebenarnya. Dan novel yang berjudul Surat Untukmu Sahabat ini juga sangat cocok untuk para remaja Indonesia. Sebab ada berbagai macam makna yang dapat mendatangkan sebuah motivasi untuk diri sendiri supaya gampang bersahabat dan setia sampai akhir hayat.

Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya

Orientasi

Puisi yang mempunyai judul “Ayah” ini ditulis oleh Cantika Ayu. “Ayah” sudah diterbitkan pada suatu majalah khusus anak dan para remaja di tahun 2017. Puisi yang berjudul Ayah ini berisi mengenai perjuangan-perjuangan yang dilakukan oleh seorang Ayah. Perjuangan yang dilakukan itu hanya demi untuk keluarganya tercinta. Di dalam puisi ini juga menggambarkan besarnya rasa cinta seorang anak kepada Ayahnya.

Tafsiran

Untuk bait yang pertama, ini digambarkan betapa beratnya perjuangan seorang Ayah untuk orang-orang yang dicintainya. Ayah harus bekerja keras dengan cucuran keringat demi mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Panas matahari yang membakar kulit tidak jadi masalah buat Ayah. Untuk bait yang berikutnya ini digambarkan mengenai rasa sayang seorang anak untuk ayah tercintanya. Ayah ialah cinta pertama dari seorang anak. Selain itu Ayah juga pemberi kebahagiaan dan juga seorang yang sangat penting bagi anaknya.

Evaluasi

Puisi yang berjudul Ayah ini hadir dengan bahasa yang sangat indah akan tetapi tetap sederhana. Kata-kata yang dipakai di dalam puisi ini sangat mendalam dan sangat gampang untuk dimengerti. Di samping itu, sosok “Ayah” sangat menyatu dengan kehidupan yang nyata. Akan tetapi, penulisan puisi ini kurang tepat kalau dilihat dari kaidah penulisan puisi. Untuk bait yang kedua dan bait yang selanjutnya hanya ada dua baris dengan beberapa kata saja.

Rangkuman

Selain ada beberapa kekurangan yang terdapat di dalam puisi yang berjudul “Ayah”tetap layak untuk diterbitkan. Dengan mengambil tema mengenai keluarga, puisi ini bsa dijadikan suatu peringatan. Peringatan yang dimaksud tersebut adalah keharusan seorang anak untuk menyadari betapa sulitnya perjuangan seorang Ayah untuk memenuhi seluruh keperluan untuk keluarga tercintanya. Seorang anak harus terus mengingat perjuangan yang sudah dilakukan oleh seorang Ayah.

Contoh Teks Ulasan Film Singkat

resensi-novel-sang-pemimpi-dmy
https://luthfan.com

Informasi Umum:

  • Judul : Sang Pemimpi
  • Sutradara : Riri Riza
  • Produser : Mira Lesmana
  • Penulis : Riri Riza, Salma Aristo, Mira Lesmana
  • Musik : Said Effendi
  • Distributor : Miles film dan Mizan Production
  • Rilis : 17 Desember 2009
  • Durasi : 120 menit
  • Bahasa : Indonesia
  • Anggaran : Rp 11 miliar
  • Prekuel : Laskar Pelangi
  • Sekuel : Edensor

Pemain :

  • Vikri Setiawan sebagai Ikal Remaja.
  • Lukman Sardi sebagai Ikal Dewasa (juga di dalam Laskar Pelangi).
  • Zulfanny memerankan Ikal Kecil (juga di dalam Laskar Pelangi).
  • Rendi Ahmad sebagai Arai Remaja.
  • Sandy Pranatha sebagai Arai Kecil.
  • Nazriel Ilham (Ariel “NOAH”) sebagai Arai Dewasa.
  • Azwir Fitrianto sebagai Jimbron Dewasa.
  • Mathias Muchus sebagai Seman Said Harun, Ayah dari Ikal (juga di dalam Laskar Pelangi).
  • Rieke Diah Pitaloka sebagai Ibu Ikal (juga di dalam Laskar Pelangi).
  • Nugie sebagai Pak Balia, seorang guru muda pengajar sastra yang sangat inspiratif.
  • Landung Simatupang sebagai Pak Mustar, Kepala Sekolah yang keras dan galak.
  • Maudy Ayunda sebagai Zakiah Nurmala, gadis Melayu nan cantik.
  • Yayu Unru sebagai Bang Rokib, pelaut Melayu yang sangat berpengalaman.
  • Jay Wijayanto, sebagai Bang zaitun, pemusik Melayu lokal yang lihai tentang asmara.

Orientasi 1:

Sang Pemimpi adalah sebuah film Indonesia (tahun 2009) yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi yang kedua, Sang Pemimpi, karya dari Andrea Hirata. Film yang berjudul Sang Pemimpi, karya dari Andrea Hirata, film ini ialah sekuel dari film Laskar Pelangi yang bercerita tentang kehidupannya (Andrea Hirata) di daerah Belitong pada saat dirinya masih duduk di bangku SMA.

Orientasi 2:

Tiga tokoh utama pada film Sang Pemimpi yakni Ikal, Arai, dan Jimbron. Ikal adalah Andrea Hirata sendiri, Arai adalah saudara jauhnya yang menjadi yatim piatu pada saat dirinya masih kecil. Arai ini disebut sebagai Simpai sebab dirinya adalah orang terakhir yang masih hidup  di keluarganya, dan ia diangkat menjadi anak oleh Ayah Ikal.

Jimbron ialah teman dari Ikal dan Arai yang sangat terobsesi dengan kuda dan gagap pada saat antusias dengan sesuatu ataupun pada saat gugup. Ketiga dari orang ini melalui kisah persahabatan sejak kecil hingga mereka semua bersekolah di SMA Negeri Manggar, SMA Negeri pertama yang terdapat di daerah Belitong.

Tafsiran Isi 1:

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Ikal dan Arai harus bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan pada saat dini hari setelah itu pergi ke sekolah sesudah menyelesaikan pekerjaan. Walaupun demikian, mereka tetap giat sehingga selalu menduduki peringkat lima teratas dari 160 murid yang ada disekolah. Sekolah mereka berada 30 km dari rumah Ikal dan Arai sehingga keduanya harus menyewa kamar yang dan harus jauh dari orang tua.

Tafsiran Isi 2:

Andrea Hirata pada bukunya menceritakan jika Ikal dan juga kedua temannya adalah remaja yang nakal dan bandel. Mereka dibenci oleh Pak Mustar, yaitu kepala sekolah SMA Negeri Manggar itu. Namun berbeda lagi dengan guru yang bernama Pak Balia, dirinyalah yang memberikan mimpi-mimpi bagi muridnya. Khususnya untuk Ikal, Arai, dan Jimbron.

Tafsiran Isi 3:

Pada film Sang Pemimpi, pada saat SMA banyak kenakalan yang sedang dilakukan oleh Arai dan Ikal. Mereka juga pernah mengejek Pak Mustar pada saat upacara bendera sampai Pak Mustar marah besar. Mereka juga pernah menyusup ke bioskop, padahal mereka tidak diizinkan oleh sekolah untuk masuk dan juga menonton film dewasa itu. Pak mustar yang mengetahui hal tersebut langsung memberikan hukuman kepada Ikal dan arai keesokan harinya.

Tafsiran Isi 5:

Disini yang sangat disayangkan jika alur cerita di dalam film ini tidak jelas sebab waktunya dibolak-balik sehingga ceritanya membuat bingung para penonton.

Evaluasi:

Film yang berjudul Sang pemimpi ini sangat memotivasi para pelajar terutama untuk pelajar SMA, kisah yang sangat mengharukan namun juga sangat menyenangkan pada saat dilihat, sekaligus bercerita tentang persahabatan dan rasa setia kawan yang sangat bagus, juga menyadarkan akan pentingnya pendidikan yang dijelaskan begitu sangat dalam.

Pada film ini juga banyak kejadian lucu yang menarik bagi para penontonnya. Penonton film yang berjudul Sang pemimpi ini mencapai 2 juta lebih penonton dan juga menjadi film terlaris sepanjang masa, film ini bisa dilhat oleh semua kalangan.

Rangkuman:

Hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dari film yang berjudul Sang Pemimpi ini jika sifat pantang menyerah dan terus semangat dapat mengalahkan segala ketidakmungkinan selama kita mau untuk berusaha semaksimal mungkin, sekaligus rasa yang setia, saling pecaya, dan juga saling menjaga adalah muncul dari menjalin hubungan yang sejati dengan sahabat tercinta. Dan sebuah mimpi adalah hal yang sangat penting, sebab mimpi ialah anak tangga pertama untuk mencapai kesuksesan.

Contoh Teks Ulasan Buku

1. Identitas Buku

a. Judul Buku: Cinta Brontosaurus

b. Pengarang: Raditya Dika

c. Genre:  Komedi, Percintaan

d. Penerbit: Gagas Media

e. Tahun Terbit: 2006

f. Tebal Buku: 160 Halaman

2. Sinopsis Buku

Dika ialah seorang penulis yang baru saja mengalami putus cinta dengan cewek yang bernama Nina, pacarnya. Sejak dia putus dari pacarnya, dirinya percaya jika cinta dapat kadaluarsa. Koasih, agen naskah Dika, dirinya mencoba untuk membuat Dika yakin kepada cinta kembali. Seperti Koasih yakin dengan istri yang di cintainya yang bernama Wanda. Usaha ini, membawa langsung Dika ke dalam serangkaian perkenalan absurd yang berdatangan.

Akan tetapi, cinta itu datangnya tanpa ada persiapan. Seperti pada saat Dika bertemu dengan cewek cantik yang bernama Jessica, perempuan yang jalan pikirannya sama anehnya dengan pikiran Dika. Semakin Dika kenal dengan jessica, semakin pula dirinya bertanya: apakah benar bahwa cinta itu dapat kadaluarsa? Sedangkan disisi yang lain, Mr. Soe Lim menawarkan untuk memfilmkan buku Dika yang berjudul Cinta Brontosaurus tersebut.

Tertarik, akhirnya Dika berusaha keras untuk menulis skrip film itu. Dan masalah mulai timbul pada saat ditengah jalan, Mr. Soe Lim mencoba untuk merubah naksah yang asli dari Dika. Naskah itu oleh Mr. Soe Lim diubah menjadi film horor yang sedang laku keras. Buku ini ialah perjalanan Dika untuk memahami apa itu arti cinta, yang mana justru dirinya peroleh dari pengalamannya bersama Jessica, teman, dan juga keluarganya sendiri.

3. Penilaian

1. Tampilan : tampilan cover dari buku ini sangat menarik. tampilan yang ada di dalamnya juga sangat mendukung buku ini sehingga terlihat lebih ceria.

2. Isi : Isi yang ada pada buku ini sangat bagus mulai dari kisah cinta, komedi, sampai kehidupan sehari-hari sang tokoh. Kisah yang ada pada buku ini sangat sesuai  dengan kehidupan para remaja saat ini yang pastinya sangat menarik untuk ditonton.

3. Bahasa : Bahasa yang dipakai di dalam buku ini kebanyakan memakai bahasa gaul seperti loe, gue, dan yang lainnya. Bahkan mungkin bahasa yang sedang dipakai untuk mencakup Bahasa Indonesia yang benar dan baik. Akan tetapi, itu semua telah sesuai dengan tema dan juga isi dari buku yakni mengenai kehidupan remaja.

– Kelebihan

a. Buku ini memakai tema yang menggunakan banyak peminat.

b. Buku ini Banyak menampilkan kelucuan yang mengundang tawa.

– Kekurangan

a. Akhir dari cerita ini sangat mengambang dan membuat penasaran.

b. Kata-kata yang agak fulgar dan juga tak disensor.

4. Kesimpulan

Buku Cinta Brontosaurus ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi, dibalik semuanya itu buku ini mempunyai daya tarik yang besar. Hal itu disebabkan penulisnya ialah seorang penulis yang sudah di kenal oleh banyak orang yakni Raditya Dika. Raditya Dika mempunyai jiwa yang humoris / lucu. Hal ini memang sangat sesuai dengan apa yang dia tuliskan di dalam buku yang berjudul Cinta Brontosaurus tersebut.

Contoh Teks Ulasan Cerpen Singkat

Cinta-dan-kasih-sayang
https://www.hipwee.com

Cerpen yang berjudul “Aku, Ibu, dan Takdir’ ini ditulis oleh Bahtari Anugerah. Cerpen dengan tema kekeluargaan dan juga sosial ini dipublikasikan semenjak tahun 2015. Cerpen yang menarik ini mengisahkan mengenai kerasnya kehidupan yang harus dilalui oleh seorang gadis belia. Dia adalah gadis lugu yang bernama Bella. Di dalam cerpen, dikisahkan dia adalah seorang gadis yang terpisah dengan Ibu kandungnya. Diceritakan juga penderitaan yang sedang dia alami.

Bella ialah seorang gadis belia yang saat ini duduk di bangku SMA. parasnya sangat cantik, senyumnya menawan, dan anaknya pun juga pandai. Dirinya hidup bersama dengan seorang nenek. Diceritakan, semenjak masih bayi Bella ini dititipkan kepada nenek tua ini. Ibunya bekerja dan Ayahnya entah kemana tiada kabar. Dua tahun sudah berjalan, entah apa yang sedang berada di pikiran Bella tidak kunjung dijemput oleh Ibunya sampai malam tiba.

Isi

Sang nenek yang merawat Bella ini hanya tinggal sebatang kara. Pada saat Bella ditinggalkan oleh sang Ibu, saat itu usianya baru menginjak empat tahun. Dan saat ini usia Bella yang cantik ini tepat lima belas tahun. Sangat disayangkan, pada saat dirinya mulai mengerti kehidupan, sang nenek yang setia merawat dirinya sudah menua. Sehingga sang nenek lupa siapa sosok dari Ibu Bella. Sampai pada akhirnya Bella berminat untuk mencari tahu keberadaan sang ibu. Pencarian Ibu Bella dimulai melalui tetangga sekitar nenek.

Sampai pada akhirnya, Bella menemui titik terang dimana keberadaan Ibunya yang selama ini dia cari. Akan tetapi alangkah perihnya, yang sedang Bella temui bukanlah sosok sang Ibu. Akan tetapi, yang dirinya temui ialah jasad sang Ibu yang berbaring lemah. Bella menangis tersedu-sedu. Dirinya tidak menyangka takdirnya akan seburuk ini. Kebahagiaan yang dirinya peroleh hanyalah satu. Kebahagiaan itu adalah setdaknya dirinya sudah mengetahui bagaimana wajah Ibu Kandungnya yang selama ini dicarinya.

Cerpen ini mempunyai akhir yang sangat menyedihkan. Alurnya sangat jelas dan ceritanya ringkas. Bahasa yang dipakai juga tak rumit. Akan tetapi, hal yang kurang di dalam cerpen ini adalah kisah masa lalu sang Ibu. Kejadian kenapa sang Ibu meninggalkan Bella semenjak dirinya masih umur empat tahun. Kisah tersebut tidak diceritakan di dalam cerpen. Sehingga, para pembaca akan sangat kesulitan untuk memahami apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Dengan kekurangan yang sudah ada, kelebihan yang dimiliki oleh cerpen sudah cukup untuk menutupi kekurangan tersebut. Cerpen ini layak untuk dibaca supaya pembaca selalu bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Terutama jika pembaca masih bisa melihat sosok Ibunda tercinta masing-masing. Di samping itu, cerpen karangan dari Bahtari ini memberi pelajaran supaya kita tidak mempunyai marah kepada untuk takdir yang sudah digariskan oleh Tuhan.

Contoh Teks Ulasan

Sepatu Dahlan

Judul : Sepatu Dahlan

Penulis : Khrisna Pabichara

Penerbit : Noura Books

Tahun Terbit : 1 Mei 2012

Tebal Halaman : 369 halaman

Buku yang berjudul “Sepatu Dahlan” ini ditulis oleh Khrisna Pabichara. Kisah di dalam buku ini juga pernah dibuat menjadi sebuah film. Buku yang berjudul Sepatu Dahlan ini menceritakan perjuangan hidup seorang Dahlan Iskan. Dirinya pernah menjabat sebagai Menteri BUMN. Dahlan mempunyai prinsip “Hidup, untuk orang miskin. Harus dijalani apa adanya”. Akan tetapi keadaan hidupnya yang sangat sulit tidak menyurutkan niatnya untuk selalu bersekolah.

Isi

Buku yang berjudul “Sepatu Dahlan” ini mengisahkan mengenai perjuangan Dahlan untuk sampai ke sekolahnya. Dahlan adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Puluhan kilometer harus dirinya tempuh tanpa memakai alas kaki. Dengan perjalanan tanpa alas kaki, kaki Dahlan ini lecet dan melepuh. Sesudah lulus dari Sekolah Rakyat (SR) Dahlan ini gagal untuk melanjutkan ke sekolah yang dia inginkan.

Di sekolah SMP, Dahlan menjadi ketua tim voli. Keinginannya untuk memperoleh sepatu semakin besar. Akan tetapi, musibah mulai tiba saat sang Ibunda tercinta mulai jatuh sakit lalu dirinya meninggal. Meskipun demikian, Dahlan ini tetap tegar dan semangat. Sampai pada akhirnya dia di utus untuk menjadi pelatih tim voli itu. Dengan upah yang lumayan besar, Dahlan bisa membeli sepatu baru yang sudah lama dia idam-idamkan.

Kelebihan

Kelebihan yang terdapat di dalam novel ini ialah meceritakan mengenai besarnya semangat hidup seseorang. Meskipun hidup di dalam keadaan yang sulit, niat dan motivasi untuk selalu menempuh pendidikan tinggi tetap ada. Akan tetapi, hal yang kurang dari novel ini ialah alurnya yang tak menentu. Kalau dinilai secara keseluruhan, buku ini layak untuk dibaca untuk menambah motivasi di dalam hidup.

Contoh Teks Ulasan Album Lagu

sedang-menulis
https://www.vemale.com

Kotak adalah salah satu band Indonesia dengan 3 personil. Tantri sebagai vokalis, Chua sebagai Bassit, dan Cello sebagai gitaris. Album lagu kotak yang kedua bernama Kotak Kedua. Album yang kedua ini dirilis di tahun 2008. Album lagu kotak yang kedua ini adalah album kedua yang diluncurkan Band kotak. Album yang kedua ini dirilis melalui Warnet Music Group.

Di dalam album Kotak Kedua ini adal 13 lagu. Lagu-lagunya yakni Kosong Toejoeh, Beraksi, Berbeda, Tinggalkan Saja, Lagi-lagi, Masih Cinta, Tetap ada, Bayang Abadi, Terluka, Mencintai Ku dan Dia, Bayang Abadi, Rock Never Dies, juga Kembali Untukmu. Album yang dirilis Juni 2008 ini pernah memperoleh penghargaan AMI Award untuk Album Rock Terbaik.

Isi

Secara keseluruhan, album dari Band Kotak ini menarik banyak perhatian masyarakat. Dengan hal tersebut bisa dikatakan album Kotak Kedua ini sukses. Hal tersebut dilihat daripada penghargaan yang diraih. Di samping itu, lagu-lagu di dalamnya juga tetap eksis dan juga diminati oleh pecinta musik sampai saat ini. Padahal, kalau dihitung usia album lagu Kotak kedua telah sepuluh tahun lamanya.

Dengan keunikan dan juga keunggulan yang dimilki, album lagu Kotak Kedua ini layak untuk dibeli. Untuk pecinta musik rock, melewatkan album ini bisa menjadi suatu kesalahan. Lagu-lagu di dalamnya sangat espresif. Di samping itu, lagu-lagunya juga memberikan semangat tersendiri. Sehingga, untuk pecinta musik khususnya untuk pecinta musik rock sangat dianjurkan untuk membelinya.

Itulah yang bisa disampaikan mengenai teks ulasan. Mulai pengertian teks ulasan, ciri-ciri teks ulasan, tujuan teks ulasan, struktur teks ulasan, jenis teks ulasan, kaidah kebahasaan teks ulasan, sampai contoh teks ulasan yang baik dan benar. Mulai contoh teks ulasan novel, contoh teks ulasan film, contoh teks ulasan drama, contoh teks ulasan buku, contoh teks ulasan cerpen dan lainnya. Semoga apa yang disampaikan kali ini menambah ilmu dan wawasan bagi kamu. Terima kasih.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.