Contoh Surat Pengunduran diri, Pengertian, Cara Membuat

Contoh Surat Pengunduran diri, Pengertian, Cara Membuat

Contoh Surat Pengunduran Diri – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang surat pengunduran diri / resign. Kami akan mengupas tuntas mulai dari pengertian, cara membuat, sampai contoh yang baik dan benar yang kami sajikan khusus untuk pembaca.

Mengundurkan diri merupakan sesuatu yang wajar dilakukan oleh siapapun yang sedang berada di dalam sebuah tanggung jawab perusahaan, organisasi, maupun instansi yang lainnya. Karena seperti yang sudah kita semua ketahui bahwa seseorang bebas untuk menentukan jalan hidupnya masing-masing dan bertanggung jawab atas sesuatu yang menjadi pilihannya.

Alasan mengapa seseorang mengundurkan ini bermacam-macam, misalnya ada tawaran yang tawaran lebih menarik, ada yang mengundurkan diri karena sudah tidak betah, ada yang merasa sudah tidak sejalan dan tidak sepemikiran dengan jalan hidup yang sedang dijalaninya, dan yang lainnya.

Tetapi yang lebih jelas, seseorang yang mengundurkan diri tersebut merupakan orang-orang yang menginginkan keadaannya menjadi lebih baik dari kehidupan yang sebelumnya. Terkecuali orang-orang yang mengundurkan diri untuk sebuah pelarian, maksudnya adalah mereka yang lari dari tanggung jawabnya.

Sebelum kita memberikan contoh tentang contoh surat pengunduran diri sebaiknya anda simak dulu pengertian dari surat pengunduran diri. Kenapa demikian? ini bertujuan agar anda tidak salah mengartikan antara surat pengunduran diri dengan surat yang lainnya. Mari langsung saja kita simak pengertian surat pengunduran diri bersama-sama di bawah ini.

Pengertian Surat Pengunduran diri

Surat pengunduran diri ialah surat untuk menyatakan jika dirinya berhenti bekerja dari tempat dimana dirinya bekerja, baik itu bekerja di kantor pemerintahan atau bekerja di perusahaan swasta.

Terdapat banyak alasan seorang pegawai untuk mengundurkan diri diantaranya ialah dari masalah gaji yang tidak sebanding dengan pekerjaan yang diberikan / gaji kecil, merasa dirinya tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan, merasa dirinya bosan dengan pekerjaan dan ingin mencoba pekerjaan yang baru di tempat yang lain, dirinya tidak mendapatkan kenaikan pangkat / jabatan dan yang lainnya.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Penulis-hebat
https://autotekno.sindonews.com

Setelah anda mengerti apa yang dimaksud dengan surat pengunduran diri beserta alasanannya, kini saatnya anda menyimak cara membuatnya, ini dengan maksud dan tujuan agar anda tidak salah dalam membuat surat pengunduran diri.

Konsep cara membuat surat pengunduran diri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat lamaran kerja. Dimana inti dan maksud dari kedua surat itu ialah sama-sama mengajukan permohonan. Yang satu mengajukan permohonan kerja agar di terima dan yang satunya lagi mengajukan permohonan agar dirinya diijinkan berhenti dari pekerjaan maupun dari keanggotaan.

Fungsi dari surat pengunduran diri ini sendiri dipakai untuk pengunduran diri kerja, pengunduran diri dari keanggotaan organisasi, mahasiswa, jabatan maupun yang lainnya. Di bawah berikut ini ialah cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar.

1. Pakailah Bolpoint Tinta Warna Biru atau Warna Hitam.

Kalau anda membuat surat pengunduran diri dengan cara manual atau lebih dikenal dengan tulisan tangan, sebaiknya pakai bolpoint dengan tinta warna biru atau tinta warna hitam. Hindari pemakaian tinta selain warna yang disebutkan tadi, karena tinta warna biru atau tinta warna hitam memberikan kesan formal dan resmi, sebaliknya juga selain kedua warna itu.

2. Memakai Bahasa Yang Sopan dan Santun

Jika anda membuat surat pengunduran diri, pakailah bahasa yang baik, sopan, dan santun. Maksud dari bahasa yang baik di sini adalah bahasa yang gampang di pahami dan gampang untuk di mengerti kepada siapapun yang sedang membacanya. Sebaiknya hindari pemakaian bahasa yang gaul atau bahasa sehari-hari.

3. Menyampaikan Maksud dan Tanpa Harus Bertele-tele

Sesudah mengucapkan salam pembuka dan penghormatan, sebaiknya sampaikan maksud dari inti surat itu yang isinya adalah surat untuk mengundurkan diri. Sampaikan dengan memakai bahasa yang simpel, sopan, santun, sederhana dan tidak menyinggung pihak manapun. Sampaikan pula alasan yang mendasari anda mengundurkan diri.

4. Menyampaikan Ucapan Terima Kasih

Menyampaikan ucapan terima kasih jangan sampai dilupakan. Karena anda sudah diberikan kesempatan dapat bergabung dengan perusahaan, organisasi maupun instansi. Sampaikan pula ucapan terima kasih atas pengalaman yang sangat berharga yang di dapatkan selama bergabung dengan perusahaan ataupun organisasi. Dengan menyampaikan terima kasih hal tersebut menunjukkan jika kita bersikap sopan dan mengakui jasa mereka.

5. Penyelesaian Tanggung Jawab

Sesudah terkirimnya surat pengunduran diri, itu bukan artinya anda lepas dan terbebas dari semua beban pekerjaan juga tanggung jawab yang anda emban. Anda masih memiliki kewajiban menyelesaikan tuga terakhir sampai waktu yang sudah ditentukan. Atau sampai selesainya tugas terakhir yang terdapat di dalam tanggung jawab anda.

Sampaikan pula tentang penyelesaian tugas dan tanggung jawab terakhir anda dalam surat pengunduran diri yang sedang anda ajukan. Sampaikan tanggal atau waktu batas terakhirmu bekerja. Dapat juga anda ajukan masa terakhirmu bekerja ialah sesudah menyelesaikan tugas juga tanggung jawab terakhir yang sedang anda tangani.

Manfaat / Tujuan Surat pengunduran Diri

Dengan membuat surat pengunduran diri, anda akan memperoleh manfaat seperti berikut ini.

1. Akan Terlihat Lebih Terhormat dan Lebih Profesional

Setiap keputusan yang sedang anda ambil harus dibarengi dengan adab dan juga nilai-nilai kesopanan, jangan sampai menghilang begitu saja. Apalagi di dalam dunia kerja, terdapat berbagai peraturan dan etika perusahaan yang wajib anda taati.

Pada saat anda mengundurkan diri dengan cara yang sopan dan baik, perusahaan akan langsung menilai anda sebagai pribadi yang benar-benar bertanggung jawab, terhormat, juga memiliki tata krama. Sangat berbeda kalau anda kabur dari perusahaan tempat anda bekerja tanpa adanya surat pengunduran diri.

2. Perusahaan Akan Mempunyai Kesempatan Untuk Mencari Pengganti Untuk Mengisi Posisi Yang Sedang Anda Tinggalkan

Surat Pengunduran diri atau resign diajukan umumnya sebelum waktu anda mengundurkan diri. Misalnya anda ingin resign pada tanggal 25 september 2016, maka sebelum tanggal itu, anda sudah mengajukan surat pengunduran diri.

Hal tersebut perlu anda lakukan dengan tujuan untuk menghargai tempat anda bekerja, tugas-tugas anda selama ini tidak akan terbengkalai begitu saja, dan meninggalkan kesan yang sangat buruk kepada diri anda.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh-Surat-Resign-yang-baik-dan-benar
https://www.maxmanroe.com

Kalau anda memiliki niat untuk mengundurkan diri dari pekerjaan ( Resign), di bawah ini kami sudah menyajikan berbagai contoh surat pengunduran diri dengan berbagai jenis posisi. Langsung saja kita simak bersama-sama contoh surat pengunduran diri di bawah berikut ini.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Jakarta, 04 September 2018

Kepada

Yth. Pimpinan

PT. Sinar Karya Maju

Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Riko Bayu Aditia

Alamat : Jln. Veteran lama Gg. 11 No. 22 Jakarta

Jabatan : Sekretaris

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan dari jabatan dan perusahaan yang Ibu pimpin, terhitung pada tanggal 06 September 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih karena perusahaan anda sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk bekerja dan belajar secara profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang anda berikan selama ini, baik bimbingan langsung maupun bimbingan secara tidak langsung.

Saya juga memohon maaf karena sudah tidak lagi menjadi bagian perusahaan yang ibu pimpin. Saya sangat berharap dan selalu berdoa semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin maju dan semakin berkembang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tanpa paksaan dari siapapun.

Tebusan: Bagian Informasi dan Kesekretariatan Kabag. IT Support.

 

Hormat saya,

Riko Bayu Aditia

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi

Kediri, 19 September 2018

Kepada

Yth. Kepala PT. Karya Indah Sentosa

di Jln. Panjaitan no 12 Kediri

Kediri

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Bintang Utama, berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan Undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama : Andre Suseno

Departemen : Informasi dan Pemasaran

Jabatan : Sales

No. Karyawan : B335 8876

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Bintang Utama karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya sangat berharap anda bisa mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang telah anda berikan selama ini, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

Andre Suseno

 

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Hotel

Surabaya, 05 September 2018

Kepada Yth. Kepala Bagian HRD

Hotel Mochacino

Jln. Gubeng Jaya Surabaya

Dengan Hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Anggun Sekar Kinanti

Tempat/Tgl Lahir : Sidoarjo, 24 Mei 1994

Alamat : Surabaya

Jabatan  : General Accounting Hotel Mochacino

Dengan adanya surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 07 September 2018 dengan alasan akan mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita dan keinginan saya selama ini. Segala hal yang berkaitan  dengan tugas juga tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mochacino akan saya laksanakan sampai masa pengunduran diri saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, saya juga meminta maaf karena tidak dapat lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mochacino, Saya juga meminta maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tidak ada paksaan juga tekanan dari pihak manapun. Atas pengertian yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Anggun Sekar Kinanti

 

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

I-quit
https://www.monster.com

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI Sebagai Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa di Universitas Sumber Pintar saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Andik Firmansyah

Jabatan di BEM : departemen Kesekretaritan dan Informasi

Fakultas : Sastra – Sastra Inggris

NIM : 12356541

Alamat : Jln. Harapan Indah, Rt. 02/04 No. 12, 60111. Surabaya

Telp : 085232545677

Melalui surat ini mengajukan pengunduran diri dari Badan Ekssekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sumber Pintar dengan alasan kesehatan yang sedang terganggu sehingga harus melakukan perawatan di luar kota. Oleh sebab itu untuk menjaga roda organisasi, untuk pengganti posisi yang sedang saya tinggalkan, saya menyerahkan semuanya kepada ketu BEM.

Saya minta maaf yang sebesar-besarnya kalau selama berproses di organisasi ini saya banyak melakukan kesalahan-kesalahan dan juga hal-hal yang kurang berkenan.

Surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran dan sebenar-benarnya, tanpa ada paksaan dan juga tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Saya sangat berharap Ketua Bem juga seluruh jajarannya mengerti dan memahami dengan keadaan saya. Atas pengertian dan dukungannya, saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya. Yang menyatakan *materai 6000 (Andik Firmansyah)

 

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Bank

Malang, 08 November 2017

Kepada Yth.

BANK NASIONAL INDONESIA

Jl. Puri Indah GD Graha National Tower C LT 2 Malang

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan di BANK NASIONAL INDONESIA atau :

Nama : Fatimah

Alamat : Jl Manggis No. 12 Pujon, Malang

Dengan ini saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan untuk bekerja dan belajar di BANK NASIONAL INDONESIA sebagai suatu perusahaan besar selama penempatan di Admin Support (Vertifikasi) di BANK NASIONAL INDONESIA kurang lebih selama 2 tahun.

Tidak lupa saya juga memohon maaf kepada semua karyawan juga jajaran Management BANK NASIONAL INDONESIA jika ada hal-hal yang tidak baik baik di sengaja atau tidak di sengaja yang sudah saya lakukan selama bekerja di BANK NASIONAL INDONESIA

Saya selalu berharap dan berdoa agar BANK NASIONAL INDONESIA menjadi perusahaan yang terus maju dan makin sukses.

Hormat Saya,

 

Fatimah

 

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Struktur-kata-pengantar
http://keajaibanmenulis.com

Bali, 27 Maret 2017

Yth. Bayu Kurniawan M .B. A

Direktur PT. Sempurna Jaya

Jalan Melati 44

Bali

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Tomi Siswoyo bermaksud ingin mendurkan diri darI PT. Sempurna Jaya sebagai Operator Komputar, terhitung sejak tanggal 27 Maret 2017

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang sudah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT Sempurna Jaya. Saya juga ingin meminta maaf kepada seluruh karyawan dan management PT. Sempurna Jaya jika ada kesalahan yang sudah saya lakukan selama bekerja.

Saya sangat berharap PT. Sempurna Jaya bisa terus berkembang dan selalu memperoleh yang terbaik.

Hormat Saya,

 

Ttd

Tomi Siswoyo

Read: Contoh Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan

contoh surat pengunduran diri
http://www.contohsuratmu.com

 

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

 

Yogyakarta, 27 Maret 2017

kepada Yth.

HRD. Manager

PT…………………….

INDONESIA

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya……………(Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari……………(Nama Perusahaan Tempat Anda Bekerja) sebagai……………(Jabatan Terakhir di Perusahaan), terhitung sejak tanggal……………(tanggal pengunduran diri anda).

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya untuk bekerja di ……………(Nama Perusahaan tempat Bekerja). Saya juga meminta maaf kepada semua karyawan dan manajemen……………(Nama Perusahaan Tempat Bekerja). Saya juga meminta maaf kepada semua karyawan dan managenen……………(Nama Perusahaan Tempat Bekerja) jika terdapat kesalahan yang sudah saya perbuat selama bekerja.

Saya berharap selalu……………(Nama Perusahaan Tempat Bekerja) bisa terus maju dan berkembang juga selalu memperoleh yang terbaik.

Hormat Saya,

 

(Nama Lengkap Anda)

 

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Sturktur-teks-anekdot
http://madanionline.org

Kepada Yth.

Kepala SMA Negeri 2 Bantul

Jl. Pring gading Km. 13 Bakalan Bantul

Yogyakarta

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                            : Suwito S.Pd.

Tempat, Tanggal Lahir  : Banjar, 28  Maret 1981

Jabatan                          : Guru Bahasa Indonesia

NIP                                : 2234556755646656

Alamat                           : Jl. Merdeka Km. 14 Selur Bantul Yogyakarta

Secara resmi terhitung sejak hari Kamis tanggal 2 bulan Nobember Tahun 2016 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Bantul.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang sudah di berikan kepada saya oleh pihak SMA Negeri 2 Bantul dimana saya bisa bekerja serta mengajar siswa-siswi. Juga tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebanyak-banyaknya kepada jajaran komite, guru, serta para staff SMA Negeri 2 Bantul jika ada hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya jika SMA Negeri 2 Bantul bisa menjadi sekolah yang terus berprestasi baik itu di bidang akademik ataupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul bagi penerus bangsa.

Hormat Saya,

 

Suwito. S.Pd

 

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Simple

Kepada Yth.

HRD Manager

PT. Nama Perusahaan

Alamat Perusahaan

Bandung

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya ( Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) sebagai (Jabatan Terakhir di Perusahaan), terhitung sejak tanggal (tanggal pengunduran diri anda).

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) jika terdapat kesalahan yang sudah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap selalu, (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) bisa terus berkembang dan selalu memperoleh yang terbaik.

Hormat Saya,

 

Nama Lengkap Anda

 

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Kalimantan, 2 April 2018

Kepada

Yth. Human Resowrce

PT Jaya Mandiri

Jl. Panjaitan 2 Palembang

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya sebagai Manager Proyek di PT Jaya Mandiri, berdasarkan keputusan direksi, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Luki Wibowo

Departemen : Pengembangan dan Riset

Jabatan : Manager Proyek

ID Karyawan : EMP- 102

Berniat untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Manager Proyek terhitung sejak tanggal 11 juli 2018.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kesempatan yang sudah diberikan selama ini. Semua hal ini akan membantu saya untuk menjadi orang yang lebih profesional lagi. Saya juga menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran direksi Jaya Mandiri dengan teman-teman di departemen Pengembangan dan Riset kalau selama ini ada banyak kesalahan baik yang disengaja atau yang di sengaja.

Demi kelancaran tugas jabatan proyek manager, saya berkenan untuk membantu sampai masa transisi berjalan. Semoga kedepannya PT Jaya Mandiri bis terus berkembang lebih baik lagi.

Hormat Saya,

 

Luki Wibowo

 

12. Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

contoh-surat-pengunduran-diri-bahasa-inggris
http://www.mpssoft.co.id

13. Contoh Surat Resign Bahasa Inggris

menjadi-wanita-karir
https://www.kaskus.co.id

Oktober,5, 2016

To: Mr. Sarman Walker

HRD Departement

PT Pertamina Tbk

Dear Mr. Sarman Hidayat:

I would like to inform you that I am resigning from my position as IT Suppor for PT Pertamina tbk, effective 16 Juni, 2018.

Thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last one years. I have truly enjoyed my tenure with PT Pertamina tbk, and am more than grateful for the ecouragement you have given me in pursuing my proffesional and personal growth objectives.

If I can be of any assistance during this transition in order to facilitate the seamles passing of my responsibilites to my successor, please let me know. I would be glad to help however I can.

Sincereli

 

Joseph Alfredo

 

14. Contoh Surat Pengunduran Diri Osis

Surabaya, 12 Juli 2017

Kepada Yth. Ketua OSIS SMK 2 Rungkut

Surabaya

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Arif Budi Kurnianto

Jabatan : Sekretaris

No. Induk Siswa: 008538

Bermaksud mengajukan surat permohonan diri dari jabatan tersebut dikarenakan akan berpindah ke sekolah lain. Tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih karena kesempatan yang sudah diberikan kepada saya. Permintaan maaf tidak luoa sata ucapkan jika selama menjadi pengurus saya melakukan kesalahan baik kesalahan yang di sengaja atau kesalahan yang tidak di sengaja. Harapan saya, semoga Osis SMK 2 Rungkut semakin maju dan banyak berkembang.

Hormat Saya,

 

Arif Budi Kurnianto

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai contoh surat pengunduran diri yang dapat dijadikan sebuah acuan, Bukan hanya mmemberikan contoh saja, namun artikel ini menyajikan pengertian, cara membuat, sampai manfaat. semoga membantu dan bermanfaat. Terima Kasih.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.