Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Lovebird Dengan Mudah

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Lovebird Dengan Mudah

Cara Membedakan Jenis Kelamin Pada Burung Lovebird – Burung lovebird apakah jantan atau betina itu Sebenarnya tidaklah sulit jika kalian sudah mengetahui cara-caranya. Dalam pembahasan kali ini telah kami rangkumkan bermacam-macam cara-cara untuk membedakan jenis kelamin pada burung lovebird. apakah betina atau jantan baik yang sudah dewasa, Paud, Anakan maupun mulai sejak masih telur melalui bentuk, ciri-ciri fisik dan dari tingkah lakunya.

Silahkan baca dan pahami setelah itu silahkan praktekan kebenaranya

Cara mengetahui jenis kelamin burung lovebird 100% akurat

Cara yang satu ini sudah tidak diragukan lagi keberhasilanya 100% akurat dan pasti. Yaitu dengan cara tes DNA langsung di laboratorium hewan bisa melalui bulu atau darah pada burung lovebird tersebut.

sebenarnya cara tersebut memanglah akurat karena unsur fisik yang dimiliki oleh burung lovebird jantan dan betina itu memanglah berbeda. Namun sayangnya cara mengetahui jenis kelamin burung lovebird tersebut melalui tes DNA pasti memakan biaya yang cukup lumayan.

Jadi silahkan menggunakan metode cara-cara yang mudah, murah dan umum saja. Bisa melalui mengenali ciri-ciri fisiknya bisa juga dari tingkah lakunya dan nanti kalian pasti mendapatkan jawabanya.

Cara membedakan jenis kelamin pada burung lovebird dari sifat kebiasaanya

Perbedaan Burung Lovebird Jantan dan betina melalui cara Bertengger

Cara-Membedakan-Lovebird-Jantan-dan-Betina-dari-bentuk-paruh

Pejantanya kalian bisa memperhatikan kebiasaanya saat bertengger berdua dia pasti selalu memperlihatkan kejantananya dengan menegakan kepala serta tubuhnya sehingga tampak lebih tinggi. Dan terlihat lebih ramping daripada bentuk tubuh si betinanya karena burung lovebird jantan lebih sering merapatkan kakinya

Dari uraian gambar diatas kalian juga bisa membedakanya sifat ciri-ciri saat burung Lovebird Bertengger berdua. Sifat dari Burung Lovebird betina lebih sering melebarkan kakinya merunduk atau merendahkan tubuhnya terutama pada bagian kepalanya. Sehingga akan terlihat lebih memiliki badan yang lebih lebar daripada bentuk tubuh si burung Lovebird Pejantanya.

Sedangkan Burung Lovebird Untuk Pejantanya kalian bisa memperhatikan kebiasaanya saat bertengger berdua dia pasti selalu memperlihatkan kejantananya. Yaitu dengan menegakan kepala serta tubuhnya sehingga tampak lebih tinggi dan terlihat lebih ramping daripada bentuk tubuh si betinanya. Karena burung lovebird jantan lebih sering merapatkan kakinya.

Perbedaan burung Lovebird Jantan dan Betina DiSaat Birahi

Lburung-lovebird-birahi

Untuk mengetahui mana yang burung lovebird jantan atau betina tentunya sangatlah mudah. Bila saat mereka birahi nah logikanya pada umumnya disaat birahi pasti burung lovebird pejantanya tentu yang diatas. Namun sebelum birahi banyak tanda-tanda sifat yang terdapat pada burung lovebird ini dan tentunya memiliki ciri-ciri tersendiri-sendiri.

Kebiasaan sifat-sifat burung lovebird jantan yang biasa dilakukan saat akan melakukan birahi. Yaitu dengan cara mendekati lovebird betinanya dan manggut-manggut serta mengeluarkan suara cuit-cuit. Dan suara tek tek tek sambil menggaruk garuk tangkringanya.

Sebaliknya kebiasaan burung Lovebird betina hal yang biasa dilakukanya. Yaitu dengan merundukan diri dan kepalanya selanjutnya burung lovebird betina akan mengepakan sayapnya  dengan lebar lebar. Atau bisa disebut posisi ngeper dan sering menggigit gigit sesuatu benda yang ada disekitaran tubuhnya.

Cara membedakan jenis kelamin burung lovebird dari kebiasaanya saat membuat sarang

Lovebird-jantan-dan-betina-membuat-sarang

Untuk membedakan atau mengetahui apakah jenis kelamin burung lovebird anda yang jantan atau betinanya. Kalian juga bisa mengamatinya melalui cara dia membangun sarang, saat mereka sudah siap bertelur maka yang paling giat atau aktif dalam mengumpulkan potongan kertas atau kayu yang sudah kalian sediakan. Maka sudah bisa ditebak bahwa burung Lovebird tersebut adalah sang betinanya.

Namun begitu juga sebaliknya yang kurang aktif dalam pembuatan sarangya maka sudah bisa dipastikan bahwa dia burung lovebird pejantanya. Biasanya burung lovebird jantan saat membangun sarang dia hanya bersifat membantu mengumpulkan bahan untuk pembuatan sarangnya. Sedang si betina yang bagian paling sibuk menata dan merapikan sarangnya.

Cara membedakan Jenis kelamin Pada Burung Lovebird Dari Bentuk Fisik

Jadi bagi anda yang masih bingung atau kurang paham tentang cara membedakan burung lovebird jantan atau betina. Disini kalian bisa membedakanya dari bentuk fisiknya. Untuk cara membedakan bentuk Burung Lovebird jantan atau betina baik burung Lovebird Paud, Burung Lovebird dewasa Maupun Burung Lovebird Calon Indukan Mari kita bahas Bersama dalam Artikel ini.

  • Perbedaan Burung Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Paruh

Cara-Membedakan-Lovebird-Jantan-dan-Betina-dari-bentuk-paruh

Langkah awal dan tergolong sangat mudah cara untuk membedakan lovebird jantan atau betina. Yaitu melalui garis putih dan bentuk paruhnya, mari kita ulas dan perhatikan dengan seksama, menurut pengalaman saya perbedaan tersebut yang pertama terdapat pada garis putih yang tumpul untuk Lovebird jantan. Dan bergaris putih lancip pada Lovebird Betinanya.

Selanjutnya mengarah kepada bentuk paruh pada Burung lovebird Betina Terlihat melebar dan pendek. Sedang Paruh yang dimiliki Burung Lovebird PeJantannya terlihat lebih runcing lancip dan agak lebih panjang dari si betinanya.

  • Perbedaan Burung Lovebird Jantan dan betina dari bentuk sayap

Cara-Membedakan-Lovebird-Jantan-dan-Betina-dari-Bentuk-Sayap

Mari kita simak perbedaanya dari bentuk sayap pada kedua burung lovebird tersebut. Pada bagian pejantanya dia memilki sayap yang lebih panjang dan menyilang. Seperti halnya burung walet, Sedangkan disebelahnya terdapat sayap yang lebih pendek dan tidak menyilang.

Maka perlu diketahui bahwa yang menyilang tersebut adalah burung lovebird jantan. Dan yang disebelahnya tersebut adalah burung lovebird betina. Cara tersebut adalah cara yang tergolong mudah dan umum untuk diketahui bagi siapa saja terutama pada para pemula yang mau mengkembangkanya.

  • Perbedaan Burung Lovebird jantan dan betina melalui supit urang atau tulang pubis

Beda tulang pubis Lovebird jantan dan betina (wikihow.com)
Beda tulang pubis Lovebird jantan dan betina (wikihow.com)

Membedakan jenis kelamin burung lovebird jantan atau betina yang berikutnya ialah tergolong mudah. Yaitu adalah melalui tulang pupis atau supit urang yang terletak pada bagian bawah pangkal ekornya. Untuk trik ini memang lain daripada yang lain. Karena sebelumya kita bisa melihat perbedaanya melalui penglihatan namun untuk cara ini yang diperlukan adalah menggunakan indra peraba kita.

Cara membedakan burung lovebird jantan atau betina melalui supit urang ini caranya dengan memegang burung tersebut. Dan merabanya dengan ujung jari kita dengan sedikit menekan. Jika yang anda rasakan keras dan jarak antara kedua tulangnya berdekatan maka jenis kelamin burung tersebut adalah pejantanya.

Namun jika sebaliknya kalian merasakan jarak kedua tulang pubis tersebut berjarak sekitar 1 cm dan terasa elastis saat menekanya. Maka jenis kelamin burung lovebird tersebut adalah berjenis kelamin Betina. Mengapa demikian? secara logic bila pada burung lovebird betina ini akan mengeluarkan telur. Maka dari sang penciptanya sudah diberikan kodrat untuk memudahkan proses keluarnya telur.

Read: Jenis Burung Kenari, Warna, Gambar, Ciri-Ciri serta Harganya

  • Perbedaan burung lovebird jantan dan betina dari bentuk ekor

Perbedaan-Bentuk-ekor-lovebird
lovebirdku.com

Setelah melalui cara-cara yang sudah saya jelaskan di atas jika kalian masih belum yakin tentang perbedaan jenis kelamin pada burung lovebird jantan dan betina. Sekarang silahkan simak pada gambar kedua ekor burung tersebut.

Untuk Ciri-ciri sayap ekor pada burung lovebird yang lebar tersebut adalah burung lovebird Betina. Sedangkan disebelahnya terdapat burung lovebird yang memiliki sayap ekor yang lebih sempit dan meruncing adalah burung lovebird pejantanya.

Diatas adalah cara untuk membedakan jenis kelamin pada burung lovebird yang sudah dewasa. Atau sudah siap sebagai indukan cara-cara diatas adalah cara yang paling mudah dan umum dan mudah pula untuk dipahami.

Saya rasa cara-cara yang sudah saya tuliskan diatas sudahlah cukup untuk menambah pengetahuan kita bersama. Dan mari kita pelajari lagi bagaimana cara membedakan jenis kelamin pada burung lovebird yang masih anakan piyik yang masih belum memiliki bulu samasekali.

Cara membedakan Jenis Kelamin Pada Anakan Burung Lovebird yang Baru Menetas

Memang bisa dikatakan membedakan jenis kelamin pada anakan burung lovebird yang masih belum memiliki bulu yang lengkap itu lebih sulit. Dan lebih mudah bila dibandingkan cara membedakan burung lovebird yang sudah dewasa.

Kalian tentunya pasti penasaran jika melihat anakan yang baru menetas apakah jenis kelaminya jantan atau betina. Nah mari simak perbedaanya pada gambar anakan burung lovebird dibawah ini dan mari kita bahas bersama sama.

Karena burung lovebird ini masih usia dini atau anakan dan belum memiliki bulu yang lengkap. Maka kita bisa membedakanya dari lubang hidungya dengan cara pegang anakan burung lovebird tersebut dengan pas. Supaya tidak bisa bergerak selanjutnya tiup perlahan lubang hidungnya sehingga lubang tersebut akan membuka lebar.

Nah untuk mengetahuinya apakah anakan lovebird tersebut jantan atau betina. Maka jika lubang tersebut berbentuk bulat maka sudah bisa dipastikan bahwa anakan burung lovebird tersebut adalah betina.

Begitu juga sebaliknya untuk membedakan anakan burung lovebird tersebut jika ditiup rongga hidungya membuka membentuk lubang oval atau lonjong. Maka sudah bisa dipastikan bahwa anakan burung lovebird tersebut adalah jantan.

Masih banyak cara untuk membedakan jenis kelamin jantan atau betina pada anakan burung lovebird yang masih baru menetas. Namun Pada umumnya cara membedakan jenis kelamin anakan lovebrid melalui lubang hidungya tersebut sudah bisa dikatakan akurat. Serta mudah bagi seorang pemula.

Perbedaan jenis kelamin burung lovebird dari Telur

Selanjutnya mari kita bahas perbedaan burung lovebird jantan dan betina melalui telurnya, sebenarnya perbedaan jenis kelamin pada burung lovebird tersebut sudah bisa dibedakan sejak mulai dari telur namun cara membedakan telur burung lovebird ini jantan atau betina ini saya rasa belum sepenuhnya akurat tapi setidaknya sudah mencapai 70an% keakuratanya.

Pada umumnya semua jenis telur dari unggas apa saja termasuk telur pada burung lovebird pasti memiliki kesamaan mari kita simak bersama telur yang memiliki bentuk lonjong dan lebih megutamakan panjang itu sudah bisa ditebak bahwa telur tersebut setelah menetas maka akan berjenis kelamin jantan.

Dan begitu juga sebaliknya ciri ciri telur burung lovebird yang memiliki bentuk lebih bulat maka sudah bisa ditebak bahwa telur burung lovebird tersebut setelah menetas maka akan berjenis kelamin betina.

Nah dari uraian rangkuman yang sudah saya sampaikan diatas apabila ada kesalahan atau yang kurang paham bisa langsung tulis di komentar dan bisa kita bahas bersama-sama sekian dan semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.